Langsung ke konten utama

Inilah Kue Jongkong Khas Bangka Belitung di Jogja

Sebentar lagi bulan puasa Ramadhan 1438H, biasanya tradisi masyarakat Indonesia yang mayoritas menjalankan ibadah puasa ini, adalah sore hari yang tampak berbeda, suasana meriah jelang buka puasa terjadi dimana-mana, terutama tentang kuliner untuk berbuka puasa, banyak sekali warung dadakan yang menjual berbagai macam jajanan untuk berbuka. 
Biasanya pada moment seperti ini, banyak sekali jajanan khas bulan ramadhan yang dijual, dengan tekstur menyegarkan misal kolak pisang dan lain sebagainya. Salah satunya yang jadi andalan untuk takjil adalah kue jongkong Bangka Belitung dengan warna khas hijau pandan dan putih santan.

Kue jongkong Bangka Belitung di jogja sangat banyak yang menjual, apalagi disaat bulan puasa, karena kudapan ini sangat cocok dipakai sebagai menu buka puasa karena menyegarkan, dengan tekstur lembut dan empuk dengan varian yang banyak sekai,dan tentunya warna hijau pandan daun suji yang paling dominan karena ini warna originalnya. Tetapi ada varian lainnya yaitu kue jongkong hitam terbuat dari beras ketan hitam yang rasanya legit, manis, gurih jadi satu menyatu.

Situs dokumen popular Wikipedia menyatakan bahwa kue jongkong adalah salah satu jajanan asli khas Bangka Belitung (Babel). Kue tradisional ni memiliki rasa manis dan tekstur yang lembut. Jajanan ini sering banyak sekali dijual di pasar tradisional terutama didaerah melayu atau pulau sumatera. 



Bahan dasar kue khas Bangka Belitung ini adalah campuran/mixed antara tepung beras dengan tepung tapioca, biasanya ada tiga lapis warna, yaitu putih, hijau dan coklat. Rasa kue jongkong ini campuran perpaduan antara gula merah, garam dan kelapa muda.Varian kue jongkong ada jongkong kelapa muda, jongkong kopyor, jongkong ketan hitam.

Berikut disampaikan hasil uji coba membuat resep kue jongkong khas Bangka Belitung di jogja yang istimewa lengkap bikinan sendiri (home made), gampang sekali anti gagal dan sehat dikonsumsi, karena memakai bahan pilihan, cocok untuk kudapan takjil berbuka puasa nanti.


RESEP KHAS KUE JONGKONG BANGKA BELITUNG

BAHAN UTAMA:

Siapkan 200 gram gula merah, kemudian sisir halus


BAHAN UNTUK ADONAN DAUN SUJI :

Membuat 450 ml santan, dari 1/2 butir kelapa diparut atau santan instan
Bikin 50 ml air daun suji
Siapkan 50 gram tepung beras
Takar 1 sendok teh tepung sagu
Takar 1/2 sendok teh garam
Takar 1/4 sendok teh gula pasir


BAHAN ADONAN UNTUK SANTAN  :

Membuat 500 ml santan, dari 1/2 butir kelapa diparut atau santan instan
Takar 50 gram tepung beras
Takar 1 sendok makan tepung sagu
Takar 1/2 sendok teh garam
Takar 1/4 sendok teh gula pasir

LNGKAH MEMBIKIN KUE JONGKONG :

1. Menyediakan beberapa cup plastik tahan panas, untuk wadah kue jongkong.

2. Tahap membikin adonan daun suji : Campurkan bahan yang telah disiapkan pada panci, lalu     panaskan diatas kompor dengan api kecil saja, setelah mengental, angkat. Lalu sisihkan.

3. Tahap Membikin adonan putih : Campur semua bahan didalam panci lalu aduk hingga rata. Panaskan diatas kompor dengan api kecil, setelah adonan mengental, angkat. Terus sisihkan.

4. Ambil 1 sendok makan gula merah taruh ditiap cup hingga rata. Tambahkan adonan suji  setengah cup lalu ratakan.

5. Kemudian taruh adonan santan polosan diatas adonan suji hingga penuh dan ratakan. Ulangi langkah no.2,3,4 diatas hingga dua adonan habis.

6. Langkah selanjutnya kukus semua adonan yang ada dicup, sampai gula meleleh dan adonannya padat, kurang lebih sekitar 2 menit.

7. Setelah dingin sajikan.

Demikian ujicoba kami membuat kue jongkong khas Bangka Belitung di jogja, silahkan dipraktekan dan anda bisa berkreasi sesuka hati untuk hasil yang sempurna.

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Mirror Glaze Cake di Jogja

Sekarang ini lagi trend dan hits serta menghebohkan sebuah cake yang berkilauan bak sebuah cermin, yang ternyata creator awalnya adalah orang dari rusia. Nama keren kue terbuat adalah Mirror Glaze Cake ( Kue Cermin Berkilau ala Rusia ). Dan memang tampilannya bak cermin yang berkilauan, cantik sekali. Tampilannya memang glamour dan berkemilau cantik ini yang membuat terkenal adalah seorang gadis rusia bernama Olga Noskova, dari akun social medianya sering posting dan sharing foto image cake cermin ini. Dan ternyata gadis itu memang sejak kecil sudah menyukai hal yang berbau memasak atau cooking. Maka tak heran lagi jika kali ini dia menciptakan sensasi dan tampilan yang berbeda disetiap cake yang dibuatnya. Sebenarnya cake yang dibuat merupakan sponge cake dasar atau sponge cake tart ulang tahun biasa. Setiap cake cermin ini bisa dibuat dengan tampilan yang berbeda-beda sesuai dengan kreasi pembuatnya. Bahan dasar utama cake mirror glaze ini adalah sponge cake dasar atau semaca

Kursus Private Bolu Batik di Jogja

Sebentar lagi puasa, bagi anda yang ingin memanfaatkan waktu luang. Dan lagi bingung mau apa ? Salah satu alternatif untuk belajar bikin kue, cake, roti buat persiapan lebaran. Mau ikutan  Kursus Private Bolu Batik di Jogja, silahkan hubungi via SMS/WA : 0878-39193613. Kami membantu anda yang mau belajar membuat bolu batik , diajari dari nol sampai kue bolu siap dihidangkan, anda tinggal datang, kami sudah menyiapkan modul, bahan-bahan, cetakan loyang dan lain lain. Karena keterbatasan tempat, maka kursus hanya dibatasi 3 orang persesi. Kue bolu yang satu ini lagi trend, karena cara membikinnya seolah kita melukis diatas kain, padahal proses melukisnya dilakukan diatas kue. Dan hasilnya akan sangat mirip dengan pola kain batik yang digulung. Proses terumit adalah menentukan corak batik yang akan kita bikin, bagi pemula sebaiknya bikin pola batik yang sederhana saja dulu, dengan warna yang lebih sedikit. Kue  bolu gulung batik ini juga merupakan salah satu cake unik, karena s