Langsung ke konten utama

Cara Membuat Mirror Glaze Cake di Jogja

Sekarang ini lagi trend dan hits serta menghebohkan sebuah cake yang berkilauan bak sebuah cermin, yang ternyata creator awalnya adalah orang dari rusia. Nama keren kue terbuat adalah Mirror Glaze Cake ( Kue Cermin Berkilau ala Rusia ). Dan memang tampilannya bak cermin yang berkilauan, cantik sekali.


Tampilannya memang glamour dan berkemilau cantik ini yang membuat terkenal adalah seorang gadis rusia bernama Olga Noskova, dari akun social medianya sering posting dan sharing foto image cake cermin ini. Dan ternyata gadis itu memang sejak kecil sudah menyukai hal yang berbau memasak atau cooking.


Maka tak heran lagi jika kali ini dia menciptakan sensasi dan tampilan yang berbeda disetiap cake yang dibuatnya. Sebenarnya cake yang dibuat merupakan sponge cake dasar atau sponge cake tart ulang tahun biasa.

Setiap cake cermin ini bisa dibuat dengan tampilan yang berbeda-beda sesuai dengan kreasi pembuatnya. Bahan dasar utama cake mirror glaze ini adalah sponge cake dasar atau semacam sponge cake tart biasa, seperti yang sering kita lihat pada kue tart ulang tahun.

Yang membuat cake mirror glass ini sangat menawan dan cantik tampilannya,a dalah sentuhan hiasan diatas permukaannya dengan icing yang berkilauan bak bongkahan es, sehingga sentuhan hasil akhirnya sangat mengagumkan mirip cermin berkilau, sehingga diluar sono dikenal dengan nama mirror cake.

Awalnya banyak para penggemar gadis asal rusia ini di dunia maya yang sering dikenal dengan netizen, yang menggugah image foto hasil karyanya di akun social media. Banyak yang penasaran bagaimana cara membikin cake cantik ini, sehingga banyak netizen yang meminta resep serta cara bagaimana membuat mirror glaze cake ini.

Gadis rusia ini ternyata baik hati dan dengan senang menanggapi para netizen dengan cake bikinannya, maka dibeberkanlah cara membuat dan resep yang digunakannya seperti : Gula, Susu kental manis, cokleat putih, air, sirup glukosa, dan gelatin. Cuma untuk bahan gelatin di Indonesia bisa dipakai atau dimodifikasi dengan produk yang halal.

Berikut saya beberkan cara membuat Mirror Glaze Cake ini ala saya yang didapat dari hasil kursus di jogja, dan nanti bisa dilihat di foto hasilnya. Akan saya share step by step langkah membikinnya dengan cara yang simple dan mudah. Ternyata banyak versi cara membuat cake menawan ini, silahkan anda bisa berkreasi sendiri sesuai dengan keinginan.

Bahan-bahannya sudah kita sesuaikan dengan ketersediaan dan yang mudah didapatkan di Indonesia dan halal tentunya. Selain bahan ramah dikantong, hasilnya juga tidak kalah cantik dengan aslinya dari rusia.

Cake cermin ini sangat cocok untuk momen terindah anda seperti ulang tahun atau bahkan hantaran atau pernikahan karena tampilannya yang berkilauan cantik.



Ada beberapa tahapan dalam membuatnya :
1. Cake Dasar
Bahan I : 8 butir putih telur
Bahan II :
- 10 butir kuning telur
- 413 Gr Margarine
- 338 gr gula halus
- 410 gr tepung terigu kunci / protein rendah
- 45 gr tepung maizena
- 1.5 sdt baking powder
- 90 gr susu cair UHT

Cara membuat Cake dasar :
- Mixer putih telur sampai mengembang, kemudia sisihkan
- Kocok margarine dan gula halus sampai mengembang dengan kecepatan tinggi
- Setelah itu tambahkan kuning telur satu persatu aduk sampai tercampur.
- Lalu turunkan speed mixer. Campur tepung terigu kunci/protein rendah, Maizena dan Baking powder, setelah itu masukan adonan ke 3.
- Masukkan susu cair, aduk hingga tercampur.
- Setelah itu masukkan putih telur secara perlahan.
- Cetak pada Loyang ring ukuran 26 bulat, yang telah diolesi mentega dan ditabur tepung.
- Lalu oven pada suhu 175 derajat Celcius selama 40 menit.

2. Mirror Glaze
Bahan :
- 325 gr gula pasir putih
- 75 gr air
- 250 gr glucose
- 200 gr susu skm putih
- 10 gr gelatin bubuk dicampur dengan 90 ml air.
- 100 gr white chocolate
- 300 gr selai tanpa serat/jelly glaze
- Pewarna
- Selai lemon
Cara membuat :
- Campur air 90 ml dengan gelatin. Tunggu sampai gelatin menyerap air, lalu sisihkan.
- Masak air, gula pasir dan glukosa sampai gula larut.
- Setelah itu masukkan susu skm, wcc dan selai
- Saring adonan
- Beri pewarna dan dinginkan

3. Efek Spider
Bahan :
- 1 sdm glucose
- 1 sdm Jelly Glaze
- 2 sdm air matang
- Pewarna putih dan pewarna biasa
- Sedikit soda kue/baking soda

Cara Membuat :
- Campur semua bahan kecuali soda kue
- Tim diatas air panas
- Masukan soda kue bila cake sudah disiram.

Demikian resep dan cara membuat Mirror Glaze Cake silahkan dicoba. Kunci keberhasilan adalah praktek dengan serius dan diuji coba beberapa kali dan teruslah berkreasi.

Postingan populer dari blog ini

Inilah Kue Jongkong Khas Bangka Belitung di Jogja

Sebentar lagi bulan puasa Ramadhan 1438H, biasanya tradisi masyarakat Indonesia yang mayoritas menjalankan ibadah puasa ini, adalah sore hari yang tampak berbeda, suasana meriah jelang buka puasa terjadi dimana-mana, terutama tentang kuliner untuk berbuka puasa, banyak sekali warung dadakan yang menjual berbagai macam jajanan untuk berbuka.  Biasanya pada moment seperti ini, banyak sekali jajanan khas bulan ramadhan yang dijual, dengan tekstur menyegarkan misal kolak pisang dan lain sebagainya. Salah satunya yang jadi andalan untuk takjil adalah kue jongkong Bangka Belitung dengan warna khas hijau pandan dan putih santan. Kue jongkong Bangka Belitung di jogja sangat banyak yang menjual, apalagi disaat bulan puasa, karena kudapan ini sangat cocok dipakai sebagai menu buka puasa karena menyegarkan, dengan tekstur lembut dan empuk dengan varian yang banyak sekai,dan tentunya warna hijau pandan daun suji yang paling dominan karena ini warna originalnya. Tetapi ada varian lainnya yai

Kursus Private Bolu Batik di Jogja

Sebentar lagi puasa, bagi anda yang ingin memanfaatkan waktu luang. Dan lagi bingung mau apa ? Salah satu alternatif untuk belajar bikin kue, cake, roti buat persiapan lebaran. Mau ikutan  Kursus Private Bolu Batik di Jogja, silahkan hubungi via SMS/WA : 0878-39193613. Kami membantu anda yang mau belajar membuat bolu batik , diajari dari nol sampai kue bolu siap dihidangkan, anda tinggal datang, kami sudah menyiapkan modul, bahan-bahan, cetakan loyang dan lain lain. Karena keterbatasan tempat, maka kursus hanya dibatasi 3 orang persesi. Kue bolu yang satu ini lagi trend, karena cara membikinnya seolah kita melukis diatas kain, padahal proses melukisnya dilakukan diatas kue. Dan hasilnya akan sangat mirip dengan pola kain batik yang digulung. Proses terumit adalah menentukan corak batik yang akan kita bikin, bagi pemula sebaiknya bikin pola batik yang sederhana saja dulu, dengan warna yang lebih sedikit. Kue  bolu gulung batik ini juga merupakan salah satu cake unik, karena s